Sabtu, 27 Desember 2014

Bisnis Lancar, Liburan Nyaman



Libur akhir tahun merupakan saat yang penting bagi kebanyakan orang di Indonesia, terutama dengan adanya perayaan Natal dan Tahun Baru. Mereka pun menggunakan kesempatan ini untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga dan kerabat. Selain itu, aktivitas liburan yang mereka lakukan juga tak hanya dilakukan secara offline.
Karena gaya hidup digital sudah menjadi keseharian dari beberapa orang di Indonesia, berbagi momen penting secara online melalui status update, foto maupun video juga sebuah hal yang wajar. Oleh karena itu, hal ini merupakan waktu yang tepat bagi pebisnis untuk memasarkan produk atau jasanya.

Saat itu, tak sedikit pelaku pemasaran telah menggunakan Facebook untuk memperluas jangkauan produk yang ditawarkannya di media sosial. Karena ketersediaan berbagai jenis iklan serta kemampuan "targeting" yang fleksibel, lebih banyak pebisnis menggunakan Facebook untuk membantu pencapaian obyektif mereka.

Sebagai contoh, ingin mendongkrak target penjualan dengan cepat atau berupaya meningkatkan eksposur untuk produk terbaru. Hal ini jika digabungkan dengan strategi serta perencanaan yang hati-hati, tentu saja akan sangat memungkinkan menghasilkan pencapaian yang diinginkan oleh pebisnis yang bersangkutan.

Lalu bagaimana menggunakan peluang pemasaran menjelang liburan akhir tahun? Berikut beberapa tips pemasaran yang bisa membantu pebisnis meningkatkan kinerjanya

• Recanakan jauh hari: Atur kampanye Facebook Anda seputar perayaan liburan seperti Natal dan Tahun Baru untuk membuat iklan yang sesuai dengan tema liburan dan lebih interaktif. Tak ada salahnya untuk memilih perayaan yang paling relevan dengan produk atau bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa menyelaraskan perayaan liburan dengan produk Anda. Jangan lupa untuk menjadwalkan penayangan iklan Anda lebih awal.

• Gunakan ‘link ads’: Jika Anda baru saja me-renovasi situs resmi bisnis Anda, gunakan ‘link ads’ untuk mendorong traffic rujukan ke situs tersebut. Dengan ‘link ads’, iklan akan bisa menampilkan gambar yang bisa di-klik serta teks dan bahkan tombol ‘call to action’ yang bisa digunakan untuk mendorong orang mengunjungi situs Anda melalui smartphone, tablet atau PC desktop.

• Perbaiki kreativitas: Orang Indonesia senang berinteraksi dengan posting fan page dalam bentuk visual, seperti gambar atau video. Karena itu, pastikan Anda menggunakan visual yang menarik dilihat untuk posting fan page dan sesuai dengan tema liburan yang ingin ditonjolkan. Visual dengan warna cerah, jelas dan bahasa yang singkat serta padat bisa lebih efektif mendorong ‘traffic’ rujukan ke situs Anda.

• Tentukan audiens iklan yang tepat sasaran: Facebook memberikan Anda kemampuan untuk menargetkan kelompok orang tertentu agar bisa menjangkau pelanggan yang tepat – baik baru maupun yang sudah menjadi pelanggan tetap – pada saat yang bersamaan. Tentukan audiens sasaran iklan Anda berdasarkan umur, jenis kelamin, lokasi, minat dan lebih banyak lagi. Jangan lupa untuk menguji konten Anda, dengan menggunakan konten yang berbeda untuk audiens yang berbeda agar efektif mendorong ‘traffic’ rujukan.

• Perhatikan iklan yang disukai, ganti jika tak berhasil: Dengan Facebook, tidak ada alasan untuk gagal dalam kampanye pemasaran yang Anda lakukan, karena Facebook Ads Manager mampu memonitor seberapa sukses iklan yang Anda buat. Tak hanya itu, bantuan Ads Manager juga memungkinkan Anda mengoptimalkan budget iklan, menguji strategi serta mengukur ‘Return on Investment’ (ROI) dengan cepat.

Aktivitas orang Indonesia di sosial media pada masa liburan mendatang merupakan peluang pemasaran besar yang tidak boleh disia-siakan oleh para pebisnis. Lewat beberapa tips yang sudah disajikan, harapannya Anda bisa menjadi yang terdepan menjelang akhir tahun guna meningkatkan kinerja bisnis melalui iklan yang tepat sasaran.

Ayo! Manfaatkan Facebook untuk menyasar konsumen Anda. Dengan begitu, liburan di akhir tahun pun menjadi lebih nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar